Adalah kegiatan bulanan anggota Lembaga Tahfidz Qur’an (LTQ) Ibnu Abbas, yaitu Mabit bermalam di salah satu Masjid dan juga kajian (Takhrij Hadits).

Pada bulan November ini, kegiatan Mabit dilaksanakan pada Hari Jum’at (29/11) bertempat di Masjid Tauhid.

Kegiatan dimulai setelah shalat Magrib, diawali dengan kajian Motivasi bagi penghafal Al-Qur’an oleh Ustadz. Abdurrahman Qosim (mahasiswa Pascasarjana jurusan Tafsir IIUI), dan berlangsung hingga shalat Isya’. Kajian berhenti ketika shalat Isya’ didirikan, dan dilanjutkan kembali dengan sesi tanya jawab setelah shalat Isya’ selesai.
Setelah kajian selesai, dilanjutkan dengan sesi perfotoan bersama pembicara dan makan malam bersama.

Setelah istirahat sejenak, acara dilanjutkan dengan Muraja’ah dan Tasmi’ Hafalan anggota LTQ sampai pukul 23.00, dengan sistem pembagian anggota menjadi dua orang perkelompok untuk bergantian Muraja’ah dan Tasmi’. Dan kemudian dilanjut dengan Tidur / Istirahat.

Tepat pukul 04.00 (30/11), anggota LTQ melaksanakan shalat Tahajjud berjemaah. Kemudian setelah shalat Tahajjud, diadakan Ujian Hafalan Qur’an oleh para Muhaffidz LTQ yaitu Sdr Rifqi Amru, Azri Al Haq dan Firdaus Alfin.
Ujian berlangsung hingga shalat Subuh, dan dilanjutkan dengan shalat Subuh berjemaah.

Acara terakhir adalah Evaluasi kegiatan selama satu bulan terakhir, serta masukan dan usulan untuk kegiatan-kegiatan LTQ ke depannya.
Sebelum anggota LTQ kembali ke asrama masing-masing, diadakan kembali perfotoan bersama untuk dokumentasi acara.

Sedangkan untuk Kajian (Takhrij Hadits), acara diadakan di kediaman Ust. Syuaib Abdul Halim selaku pengisi kajian.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 
 

 
 

Warning: Unknown: write failed: Disk quota exceeded (122) in Unknown on line 0

Warning: Unknown: Failed to write session data (files). Please verify that the current setting of session.save_path is correct (/var/lib/php5) in Unknown on line 0