ISLAMABAD – Mahasiswa Indonesia di Pakistan ikut berpatisipasi dalam acara Group Discussion tentang “Bela Negara” bersama delegasi Kementrian Pertahanan RI. Acara ini dimulai pukul 10.00 WPK di Aula Budaya Nusantara KBRI Islamabad, Sabtu (28/11).

Delegasi dari kementrian pertahanan RI

FGD kali ini menghadirkan 4 pembicara yang membawakan 4 materi berbeda. Bapak Faiez Maulana, salah satu staf KBRI Islamabad membawakan materi “Meninggikan Keindonesiaan”, sementara Bapak Kol. Sumartono dari perwakilan BINLU di Islamabad memaparkan tentang “Wawasan Nusantara”.

Pembicara ketiga adalah delegasi Kemenhan RI, Bapak Taufik Hidayat dengan materi “Pembinaan Kesadaran Membela Negara”. Pada sesi terakhir, Atase Pertahanan di Islamabad, Bapak Kol. Putut Witjaksono Hadi memaparkan materi “Ketahanan Nasional”.

Kementrian Pertahanan RI mengirimkan sejumlah delegasi untuk mengadakan Focus Group Discussion ini di tiga negara, yaitu Mesir, Inggris, dan Pakistan. FGD ini bertujuan untuk memberi wawasan keindonesiaan dan pentingnya bela negara kepada para pelajar dan mahasiswa Indonesia di luar negeri.

“Mahasiswa harus giat belajar dan jaga diri sebagai warga negara Indonesia yang cinta damai”, ujar dari salah satu delegasi.

Hingga pukul 15.00 diskusi masih berlangsung. Para mahasiswa sangat antusias dengan mengajukan berbagai macam pertanyaan dan beberapa pendapatnya. Sayang, dikarenakan waktu yang terbatas, banyak pertanyaan yang tidak dapat disampaikan. Acara pun ditutup pada pukul 16:00 dan diakhiri dengan pemberian cinderamata untuk para pembicara. /mf

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *