Lahore – Putra Indonesia kembali berhasil meraih gelar doktoral di Pakistan. Ia adalah Agung Nugroho Puspito yang akhirnya sukses menamatkan program studi S3 nya di bidang biologi molekuler dengan disertasinya yang berjudul “Genetic Improvement of Cotton For Herbicide and Bollworm Tolerances”. Sidang disertasi “Mas Agung”, begitu ia biasa disapa, berlangsung di Auditorium National Centre of Excellence in Molecular Biology, University of the Punjab, Lahore, Selasa (15/12).

Dr. Agung Puspito Nugroho

Pada sidang yang dipimpin oleh penguji Prof. Dr. Tayyab Husnain itu, Agung Nugroho menjelaskan bahwa riset yang ia buat pada dasarnya bertujuan untuk mengurangi biaya produksi pada budidaya tanaman kapas. Dengan perkembangan riset ini, kita dapat menghasilkan crystal protein yang mampu membunuh serangga seperti ulat dan lainnya.

“Anda Doktor sekarang, selamat!” ujar Professor Tayyab usai prosesi sidang.

Kesukesan Mas Agung disambut kesyukuran dari segenap keluarga besar PPMI Pakistan. Setibanya di Islamabad, PPMI Pakistan lantas mengadakan acara Sharing Disertasi yang berlangsung pada hari Ahad (7/2) di kediamana Bapak Sumartono. Agenda ini juga masih menjadi bagian dari rentetan kegiatan keilmuan PPMI yang terangkum dalam program Free Talk dengan slogan Let’s Think!

Dr. Agung Nugroho Puspito bersama Pengurus PPMI Pakistan

PPMI Pakistan sangat bangga terhadap prestasi yang diraih oleh saudara Agung Nugroho ini. Selain kepandaiannya, keteguhan dan kesabaran selama menuntut ilmu di Pakistan perlu diapresiasi dan dijadikan pelajaran untuk warga PPMI Pakistan secara khusus dan untuk masyarakat Indonesia secara umumnya. /mf

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *