nisa cahyani

Begitu banyak tempat yang indah dan juga menyimpan banyak sejarah di Negara Benazir Butto  ini. Namun disisi lain ada juga tempat yang menyimpan Misteri dan juga menjadi legenda bagi masyarakat yang mempercainya. Kali ini kami ingin berbagi informasi sekaligus menambaw daftar tempat kunjungan bagi anda yang ingin datang Ke Pakistan

Koh – I – Chiltan  Adalah sebuah puncak tertinggi sekitar 3.194 meter yg terletak di pegunungan Chiltan atau pegunungan Sulaiman, di Quetta, Balochistan Pakistan bagian barat. jika kalian ke tempat ini, mata kalian akan dimanjakan dengan keindahan alam yang sangat cantik. Tehampar luas sudut desa Pakistan bagian barat yang begitu asri.  Kabarnya puncak gunung ini bernuansa sangat mistis karena latar belakang cerita rakyat yang melegenda disana.

Nama puncak Balochi itu sendiri berarti 40 mayat dalam bahasa Persia. Menurut legenda setempat, 40 mayat merujuk pada 40 tubuh bayi yang meninggal akibat ritual meminta anak di gunung terebut. Awal kisah dimulai dari sepasang suami istri yang tidak kunjung di karuniai anak. Oleh karena itu, mereka meminta nasihat dari orang suci, yang mengatakan bahwa itu semua sudah kehendak langit yang sudah tak bisa di berbaiki. Tak puas dengan jawaban orang suci tersebut mereka mencari orang suci yang lain. Kali ini ada seorang Mullah yang mengaku bisa membantu menyelesaikan masalah mereka. Mullah ini melemparkan 40 kerikil ke pangkuanya sambil membaca Doa, agar perempuan itu segera di karuniai anak. Akhirnya Keinginan pasangan tersebut benar-benar terkabul. Akan tetapi, mereka tak menyangka bahwa mereka mendapatkan 40 bayi sekaligus lahir dalam rahimnya. Dengan kondisnya yang miskin akhirnya membuat mereka kewalahan menafkahi puluhan anak tersebut. Suaminya yang depresi, kemudian naik ke puncak Chenel Tan membawa 39 bayinya dan membuangnya disana. Menurutnya dewa penunggu gunung tentu akan kasihan melihat 39 anak bayi itu terlantar di atas sana. Suatu hari sang istri yang mengetahui kelakuan suaminya itu tak sampai hati meniggalkan anak – anaknya disana. Tanpa sepengetahuan suaminya ia mendaki seorang diri ke puncang itu dan berfikir akan mengumpulkan tulang-belulang bayinya, serta mengubur mereka disana. yang mengejutkankan, mereka semua masih hidup dan asyik bermain di antara pohon – pohon dan bebatuan. Dengan suka cita ibu itu berlari pulang dan bersama anak-anaknya.

Sangat aneh bukan, ini hanya sekedar legenda dari penduduk sekitar, yang tak banyak orang ketahui. Untuk keindahannya sangat memanjakan mata. Dan untuk para menikmat alam Kalian akan menempuh 12 jam perjalan agar bisa sampai ke daerah Quetta dari Islamabad.

Oleh : Nisa Cahyani

Bs. Islamic Studies (Campus IIUI)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *