Iiui-logo

Fakultas Syariah and Law berdiri dan dipatenkan di International Islamic University Islamabad pada tahun 1980 yang pada awalnya hanya didirikan di Quaid-e-Azam University Islamabad. Sejauh ini, sudah lebih dari ribuan mahasiswa yang telah menyelesaikan pendidikannya dari fakultas ini, dan sebagian besar dari mereka bekerja di Departemen Kehakiman baik di Pakistan maupun di luar negeri. Sebagian lagi melanjutkan studinya ke jenjang yang lebih tinggi.

Selain dosen-dosen yang berasal dari Pakistan ataupun penduduk lokal, Fakultas Syariah and Law juga mempunyai dosen-dosen yang berasal dari Universitas terkenal lainya seperti Al-Azhar kairo dan sebagainya. Selain itu , banyak dari alumnusnya mendapat beasiswa untuk melanjutkan studinya di universitas-universitas terbaik di dunia seperti KSU (King Suud), UIM ,Oxford, dll.

Bahasa pengantar yang digunakan dalam proses kegiatan belajar mengajar adalah bahasa arab dan inggris, sehingga dapat meningkatkan kualitas bahasa mahasiwa/i dalam berinteraksi dengan bahasa arab dan inggris. Tapi kadang kala ada beberapa asatidz (dosen) yang menggunakan bahasa urdu, sehingga mahasiwa/i asing merasa kesulitan untuk menguasai dan memahami materi yang disampaikan oleh dosen tersebut. Tetapi, fakultas Shariah and Law ini merupakan fakultas favorit dan paling diminati di Pakistan, karena banyak dari masyarakatnya yang bangga dan senang bilamana anak atau sanak saudaranya belajar di fakultas syariah dan hukum.

Dalam program S1, materi yang dipelajari masih dalam kategori umum (belum ada pengkhususan). Acapkali para calon mahasiwa/i tidak mengetahui latar belakang dan aplikasi yang berkaitan dengan fakultas yang akan dipilih. Perlu diketahui untuk calon mahasiswa/I baru yang akan mendaftar di fakultas Shariah and Law, bahwasanya materi hukum yang dipelajari di program S1 ini adalah materi hukum yang berkaitan dengan sistem hukum common law atau biasa disebut sistem hukum kerajaan inggris, yang sebagian besar tidaklah sama dengan sistem hukum yang ada di Indonesia.

Fakultas ini menawarkan program-program akademis sebagai berikut :

1. B.A. LL.B. Shariah & Law (program belajar 5 th), yakni setara     S1 di Indonesia , dengan gelar ganda yaitu Strata 1 Syariah         dan Strata 1 Hukum.
2. LL.B. (sore) (program 3th ), setara S1(bidang Hukum)
3. LL.M. Hukum perusahaan Setara S2 (bidang Hukum)
4. LL.M. Hukum Perdagangan Internasional
5. LL.M. Hukum internasional
6. LL.M. Hukum Hak Asasi Manusia
7. LL.M. Umum
8. MS Hak Asasi Manusia
9. MS / LL.M. Syariah (Hukum Islam & Yurisprudensi)
10. MS / LL.M. Hukum Dagang Islam
11. MS / LL.M. Hukum Keluarga Muslim
12. PhD Syariah (Hukum Islam & Yurisprudensi)

Nur Hidayanto,
Mahasiswa Fakultas Syariah dan
Law, IIU Islamabad

 

2 Comments

  1. mila 11 May 2016 at 8:49 am

    Wah keren ya…
    Makasih gan udan ngasih tau info penting ini.

     

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *