islamabadPakistan adalah salah satu negara asia yang memiliki berbagai ragam keunikan namun sebelumnya, penulis ingin menjelaskan secara umum gambaran tentang Negara Pakistan yang merupakan Negara Asia bagian Selatan di dunia. Nama Pakistan dalam Bahasa Persia dan Urdu artinya “Daratan Suci”. adapun nama resmi Pakistan adalah Republik Islam Pakistan. Negara ini merdeka dari pemerintah kekaisaran India-Inggris pada tahun 1947. Adapun Ibukota Pakistan adalah Islamabad yakni kota yang penduduknya mencapai 919.000 jiwa. Bahasa nasional Pakistan adalah bahasa urdu sedangkan  bahasa resminya adalah bahasa Inggris. keren bukan??? Biasanya dalam berkomunikasi mereka sering menggunakan bahasa urdu namun ada kosa kata bahasa inggris yang mereka sisipkan dalam berbicara. Contohnya : ye wala, pink colour yang artinya yang ini lho warna pink (merah muda). Adapun keunikan yang sangat mendominasi dari rakyat di negara ini yaitu adanya motif-motif khas yang hampir semua terdapat pada kendaraan yang mereka pakai seperti mobil angkutan umum, truk, bahkan bajai mereka juga bermotif khas serta memiliki corak gambar yang begitu unik yang mana itulah bentuk identitas dalam membedakan mereka dari negara lainnya.

seperti foto yang tercamtum adalah mobil angkutan umum yang biasa masyarakatnya gunakan sebagai alat transportasi untuk menuju ke lokasi tujuan tertentu dan biayanya juga begitu murah hanya 20 rupee / perjalanan setiap individu setara dengan Rp.2.000 rupiah Indonesia. Jika di Indonesia Bus way adalah transportasi umum, untuk Islamabad sendiri selaku Ibukota Pakistan, Metro Bus adalah transpostasi umum bagi mereka ingin berpergian ke sekitar Islmabad dan Rawalphindi.

Adapun keunikan lain dari negara ini adalah mayoritas rakyatnya begitu cinta dengan adat istiadat mereka yang selalu mengenakan pakaian khasnya yaitu shalwar gamis baik dari kalangan pria maupun wanita. Mereka lebih memilih mengenakan pakaian tersebut daripada berpakaian ala barat yang mana sebagian dari mereka sudah mulai berasimilisasi dan mengadopsi gaya, serta trend dari Negara Barat. Masyarakat Pakistan mayoritasnya beragama islam. jadi jika ingin mencicip kuliner dinegara ini, Insyaa Allah semuanya halal, sehat dan baik. Dan ada hal yang lebih menarik lagi bahwa air tebu adalah minuman nasional Pakistan, yang mana para masyarakatnya menyebutnya dengan nama “Roh”. Disamping itu hal yang terunik dari mereka yaitu, mereka pada umumnya menggunakan mobil-mobil kecil untuk menjemput para penumpang atau disebut sebagai pengemudi uber yang mana tubuh mereka dominannya tinggi besar namun kendaraan yang dikendarai tidak sesuai dengan ukuran badan mereka. Dan inilah beberapa keunikan dari negeri Pakistan.

Oleh : Eka saryanti, S. Hum ( Mahasiswi MS.Arabic IIUI)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *