Olahraga merupakan sebuah aktifitas yang dapat membantu menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh. Menumbuhkan minat masyarakat untuk mencintai olahraga di zaman yang serba cepat ini bukanlah perkara yang mudah. Tak sedikit masyarakat melupakan aktifitas ini karena beranggapan bahwa olahraga merupakan sebuah aktifitas yang berat sehingga membutuhkan energi yang besar.

Tak ingin warganya mudah terserang penyakit, PPMI Pakistan berupaya semaksimal mungkin menumbuhkan minat warganya untuk berolahraga. Salah satu bentuk solusi yang ditawarkan berupa pembentukan tim-tim olahraga sesuai minat masing-masing individu. Mulai dari sepakbola hingga caturpun dihadirkan demi menjaga kesehatan warganya. Fasilitas yang diberikan oleh pihak kampus coba dimanfaatkan sebesar-besarnya oleh warga PPMI Pakistan. Berikut beberapa cabang olahraga yang ada dalam PPMI Pakistan:

DSC_0061_mini

Sepakbola. Olahraga yang membutuhkan lahan yang cukup luas ini memiliki peminat yang paling besar. Kegiatan yang tak membutuhkan biaya yang besar ini menuntut adanya kerjasama tim dan skill individu untuk meraih kemenangan dalam sebuah pertandingan. Setiap Sabtu pagi warga PPMI Pakistan bermain sepakbola untuk melepas penat dari padatnya jadwal kuliah dan aktifitas organisasi. Tak hanya di lapangan besar, PPMI Pakistan juga memiliki tim futsal yang dipimpin oleh Aldilla Putra, mahasiswa s1 Ekonomi IIU Islamabad.

Bulutangkis. Tim yang dikepalai oleh Fahmi Wira (mahasiswa s1 Shariah & Law IIU Islamabad) ini memanfaatkan fasilitas yang diberikan oleh kampus untuk bermain bersama. Biasanya mereka memanfaatkan waktu senggang di sore hari untuk mengasah kemampuan dan mengadakan latihan antar sesama anggota. Kurangnya minat mahasiswa pakistan untuk bermain bulutangkis menjadi keuntungan tersendiri untuk dapat memakai lapangan secara cuma-cuma.

Tenis Meja. Tak sedikit warga PPMI Pakistan yang suka bermain tenis meja. Ketangkasan tangan menjadi modal penting untuk dapat bermain dalam olahraga yang terkenal dengan nama “ping pong” ini. Tim yang dikepalai oleh M. Taufik, mahasiswa s1 Islamic Studies IIU Islamabad, memiliki anggota sebanyak 8 orang. Jumlah ini kemungkinan akan terus bertambah mengingat pendataan yang masih terus berlangsung.

Disamping cabang-cabang olahraga di atas, juga ada beberapa cabang olahraga yang baru terbentuk, diantaranya: basket, catur, voli serta lari. Ada juga MAPALA (Mahasiswa Pecinta Alam) yang menawarkan aktifitas outdoor dan kegiatan jelajah ke berbagai tempat di Pakistan. Melalui cabang-cabang olahraga ini diharapkan minat olahraga warga PPMI Pakistan dapat terus terjaga dan dapat menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh masing-masing. (az)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *