pakistanPendidikan memiliki dampak yang besar terhadap jiwa seseorang, bahkan setiap negara memiliki sistem sistem yang di terapkan pada negara mereka masing masing. Patut kita pungkiri pendidikan di negara manapun sedang mempersiapkan generasi mereka dengan nilai nilai yang sudah di tetapkan pada kurikulum yang mereka buat. Dalam pendidikan yang menjadi orientasi utamanya adalah sebuah proses dan hasil secara bersamaan, artinya bahwa keduanya harus berjalan seimbang.

Pendidikan merupakan tolak ukur dalam melihat dan memastikan siapa sebenarnya diri kita. Karena pada dasarnya setiap orang yang berpendidikan pasti orang berilmu, namun bukan berarti pendidikan adalah segalanya. Tidaklah demikian, karena di dunia ini ada banyak tolak ukur yang bisa di gunakan dalam menilai dan melihat kualitas dan dedikasi setiap orang. Namun banyak juga yang menyatakan tentang pendidikan. Bukan hanya apa saja yang kita peroleh di dalam kelas itu kita namakan dengan pendidikan, Melainkan pendidikan juga bisa kia raih di luar kelas.

Pakistan adalah republik islam yang lahir sebagai dominan yang sistem pemerintahan terpisah dari India. Pakistan adalah Negara muslim, untuk itu negara ini berupaya mengimplementasikan ajaran ajaran yang bersumber pada Al qur’an dan sunnah dalam kehidupan modern dalam berbagai aspeknya. Negara ini terletak disebelah selatan asia , sebelah timur berbatasan dengan India dan timur laut dengan China. Iran merupakan negara pembatas di sebelah tenggara , dan Afghanistan sepanjang tepi belahan barat dan utara. Negara yang berjumlah 159.196.336 juta jiwa itu merupakan negara muslim terbesar kedua di dunia. Negara ini di huni oleh beragam kelompok etnis yang berbeda, yang seluruhnya hidup berdampingan secara damai di bawah panji agama yang beragam pula. Islam tercatat sebagai agama yang terbesar di anut oleh 97 % jumlah penduduk pakistan , sementara sisanya adalah kristen , hindu , budha dan lain sebagainya.

Dalam soal pendidikan, di pakistan menagarah untuk mewujudkan cita-cita yang di inginkan sistem pendidikan di republik pakistan. Untuk itu, sistem pendidikan yang di kembangkan harus menekankan pada ukhwuah islamiyah, keadilan sosial dan toleransi. Sedangkan sistem perjenjangan pendidikan di pakistan yang ada sekarang ini menganut hasil keputusan komisi pendidikan nasional tahun 1959, yaitu pendidikan dasar usia 6 tahun sampai 11 tahun terdiri atas tingkat   I-V, Jadi pendidikan dasar di tempuh selama 5 tahun. Sekolah lanjutan tingkat pertama usia 12 sampai 15 tahun, terdiri atas tingkat VI sampai VII sedangkan sekolah menengah ke atas usia 16 sampai 18 tahun, terdiri atas tingkat IX dan X, jenjang ini memiliki tiga jenis sekolah yaitu sekolah umum sebagai persiapan pendidikan di perguruan tinggi, bagusnya pendidikan di negara ini para siswa sudah di biasakan menggunakan bahasa inggris dalam kesehariannya sejak sekolah dasar, tak heran jika di tempat-tempat umum seperti pasar, tempat peribadahan dan lainnya, kita dengan mudah menanyakan sesuatu dengan menggunakan bahasa tersebut, dan kita tak perlu susah susah membuka kamus urdu yang menjadi bahasa keseharian mereka yaitu yang biasa kita kenal  “nehi nehi “ “ acha acha “ , sungguh asing memang.

Sejak pemisahannya dengan India tahun 1947, pakistan hanya memiliki satu universitas yaitu universitas punjab di lahore. Mata kuliahnya adalah agama sebagai mata kuliah dasar umum. Setelah berdirinya pakistan kajian tentang islam meningkat pesat. Univesitas Punjab mendirikan sebuah departemen islamiyat pada tahun 1950. Setelah itu berdiri berbagai perguruan tinggi lainnya. Pada tahun 1980 , islamabad didirikan universitas islam internasional yang berupaya menyatukan sistem pendidikan keagamaan dan umum yaitu International islamic university of islamabad atau yang di kenal dengan IIUI. Universitas ini juga di jadikan sasaran oleh mahasiswa dan mahasisiwi Indonesia belajar yang sampai sekarang jumlahnya mencapai kurang lebih 150 mahasiswa dan mahasisiwi. Dalam hal kurikulumnya universitas ini di pengaruhi oleh Universitas Al Azhar kairo, Madinah University, Aligarh university dan universitas islam besar lainnya dalam segi keagamaan, dan banyak dosen juga yang di datangkan langsung dai UK, Havard university, oxford dan universitas ternama di dunia lainnya. Dan sebagai salah satu universitas islam ternama, IIUI juga cukup memegang teguh nilai, moral keislaman, tata krama dan disiplin yang amat di perhatikan baik oleh dosen,staf dan mahasiswa. Meskipun pada acara acara yang memungkinkan dilakukan bersama oleh mahasiswa dan mahasiswi seperti seminar tahunan namun etika dan akhlak selalu di jadikan pegangan mereka.

Oleh : Ibnu Fikri Ghozali, Shariah & Law

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *