iiui

Oleh: Hendro Risbiyantoro

Di era sekarang ini, telah banyak orang yang sadar akan arti pentingnya belajar bahasa Arab. Karena bahasa Arab sendiri memiliki tingkat urgensi yang sangat tinggi dalam kehidupan manusia. Jika kita menilik lebih dalam, maka akan kita temukan lebih banyak lagi alasan mengapa seseorang harus belajar bahasa Arab. Apalagi sebagai seorang Muslim, tentunya kita tahu bahwa bahasa Arab adalah bahasa Al-Qur’an. Allah SWT berfirman:

إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ قُرْآناً عَرَبِيًّا لَعَلَّكُمْ تَعْقِلُوْنَ

Artinya: “Sesungguhnya Kami menurunkannya berupa Al Quran dengan berbahasa Arab, agar kamu memahaminya.” (Yusuf: 2).

Dengan bahasa Arab kita akan memahami bacaan sholat. Dengan bahasa Arab kita juga akan memahami Tafsir, Hadits, Fiqih, dan Dirosah Islamiyyah lainnya yang tentunya sangat bermanfaat bagi ummat Islam.

Namun frame berpikir kebanyakan orang yang ingin belajar bahasa Arab pada saat ini masih tertuju pada negara-negara seperti Mesir, Saudi, Yaman, Yordan dan negara-negara sekitarnya. Perlu diketahui bahwa ada salah satu negara di Asia Selatan yang sangat direkomendasikan sebagai tempat belajar bahasa Arab. Yaitu negara Pakistan, tepatnya di IIUI (International Islamic University Islamabad). Mengapa saya katakan demikian? Berikut beberapa alasan yang perlu untuk anda ketahui bagi yang ingin belajar bahasa Arab di IIUI Pakistan:

  1. Dosen-dosen pengajar berasal dari berbagai negara Arab seperti Mesir, Arab Saudi, Yaman, Iraq, dan negara-negara sekitarnya. Hal ini membuat kita lebih semangat dalam belajar dan mempraktekkan bahasa Arab secara langsung.
  2. Metode pengajaran bahasa Arab yang tertata rapi membuat kita cepat memahami materi yang diajarkan.
  3. Kita dikenalkan dengan berbagai macam kitab klasik untuk belajar Nahwu, Shorf, Adab dan pelajaran- pelajaran lainnya.
  4. Bi’ah atau lingkungan di sini sangat mendukung kita untuk meningkatkan kemampuan bahasa Arab, karena di mana saja, khususnya di lingkungan kampus para mahasiswa menggunakan bahasa Arab sebagai bahasa percakapan sehari-hari. Tidak terkecuali di kelas, semua materi dan penyampaiannya menggunakan bahasa Arab fasih.
  5. Perpustakaan yang besar mendukung kita untuk banyak membaca.
  6. Kajian-kajian dan dauroh yang berkaitan dengan bahasa Arab sering diadakan dari tingkat kampus bahkan sampai tingkat internasional.
  7. Dan masih banyak lagi yang membuat kita bersemangat untuk belajar dan meningkatkan kemampuan berbahasa Arab kita di kampus ini.

Selain dari pada itu, tentunya kita juga harus tahu program-program yang ditawarkan oleh IIUI itu sendiri agar kita bisa memilih program yang kita inginkan. Sebagaimana kampus-kampus lainnya, IIUI telah membuka program S1(Bs Arabic), MA Arabic, S2 (MS Arabic), dan S3 (Phd Arabic) Bahasa Arab. Rinciannya adalah sebagai berikut:

  1. BS Arabic adalah program S1 Bahasa Arab yang ditempuh oleh mahasiswa dalam 4 tahun (8 semester).
  2. MA Arabic adalah program lanjutan setelah BS di IIUI. MA Arabic ditempuh oleh mahasiswa selama 2 tahun tanpa menulis thesis. Di Pakistan sendiri, MA Arabic ini belum dianggap sebagai S2 karena belum ada program penulisan thesis. Maka mahasiswa yang yang mengambil program ini, ketika ingin meneruskan program S3, dia harus menulis Thesis terlebih dahulu. Pernah juga dosen kami (Ust.Hasan Bandari) menerangkan manzilah atau kedudukan MA itu sendiri. Beliau mengatakan bahwa kedudukan MA ini adalah di atas BS (S1) namun masih di bawah MS (S2). Sebagian pelajaran-pelajaran sebagaian diambil dari program BS dan MS. Dan MA merupakan salah satu solusi bagi yang ingin cepat menyelesaikan program studinya di Pakistan dan ingin menulis thesis di kampus lain.
  3. MS Arabic adalah program S2 Selama dua tahun. Satu tahun masuk kelas dan satu tahun lagi program penulisan thesis. Namun perlu diketahui, bagi mahasiswa yang berasal dari luar kampus IIUI, ketika ingin mengambil program ini, maka dia akan dikenakan kelas tamhidi. Yaitu program satu tahun masuk kelas MA semester 3 dan 4. Baru setelah itu dia akan masuk kelas regular MS selama satu tahun (2 semester) dan satu tahun lagi menulis thesis. Jadi bagi mahasiswa yang bukan berasal dari kampus IIUI, minimal ia akan menyelesaikan program MS ini selama 3 tahun.
  4. Phd Arabic adalah program Doktoral bahasa Arab yang ditempuh oleh mahasiswa minimal selama 2 tahun. Mahasiswa yang mengambil program ini akan mengikuti kegiatan perkuliahan selama 1 tahun (2 semester) dan setelah itu menulis desertasi. Adapun masa penulisan desertasi sendiri tergantung kepada mahasiswa. 2 tahun adalah masa yang realistis dalam penulisan desertasi di kampus ini.

Demikianlah pemaparan singkat tentang fakultas bahasa Arab di kampus IIUI Pakistan. Semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan bagi kita.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *