13001083_1157286587625548_971901162514863123_n

Bus kampus melaju ke tempat selanjutnya yaitu, Katas Raj Temple. Butuh waktu sekitar 1 jam untuk mencapainya dari Gua Garam. Berbagai pemandangan dari atas bukit dan rumah para penduduk yang masih berlantaikan satu menjadi suguhan nikmat selama perjalanan. Berbeda sekali dengan Islamabad yang pada umumnya berlantaikan dua. Dan selama perjalanan juga, kita bisa melihat lubang-lubang bekas penambangan yang sudah tak terpakai.

Penantian selama 1 jam terbalaskan ketika sampai di tempat tujuan. Bangunan kuno yang masih berdiri kokoh dan tegap itu tak pernah sepi oleh wisatawan. Di pintu masuk, kita dapat mengetahui sejarah Katas Raj Temple melalui tulisan yang sengaja ditempel oleh pemerintah.

Katas Raj Temple merupakan salah satu peninggalan candi Hindu yang terletak di desa Katas, daerah Chakwal, Punjab. Candi ini termasuk salah satu candi di Pakistan yang masih utuh keberadaannya. Kuil terkecil yang terdapat di candi ini dibangun sekitar 900 tahun yang lalu. Diyakini bahwa situs bersejarah ini pernah dikunjungi oleh Pandawa, karena itulah kompleks situs ini dibangun untuk memperingati kunjungan mereka.

Kolam yang terdapat di Katas Raj Temple diyakini berasal dari tetesan air mata dewa Siwa atas kematian istrinya, Sati. Ketika festival “Maha Shivratri”, umat Hindu dari seluruh dunia datang ke tempat ini dan mandi di kolam suci tersebut untuk meminta ampunan. Sementara yang lain mempercayai bahwa air dalam kolam ini dapat memulihkan tenaga.

Pemerintah Pakistan mempertimbangkan candi ini untuk dimasukkan dalam situs bersejarah UNESCO. Dan pada tahun 2007, sempat diusulkan untuk merestorasi kompleks candi ini.

Waktu 1 jam yang diberikan oleh pihak panitia berlalu sangat cepat. Mau tidak mau kita harus meninggalkan tempat indah nan bersejarah ini. Dan bus kampuspun bersiap menuju ke persinggahan terakhirnya. Trip kali ini menyenangkan! az

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *